Rabu, 07 Desember 2016

LAPORAN KARYA INOVASI


KARYA INOVASI
ALAT PERAGA PEMBELAJARAN  MATEMATIKA
 SEKOLAH  MENENGAH  ATAS







Alat Praga

MATRIKS



Oleh:
Siti Fatimah , M.Pd


  
 
PEMERINTAH KOTA PRABUMULIH
DINAS  PENDIDIKAN KOTA PRABUMULIH
SMA NEGERI 3 PRABUMULIH
JL. M. YUSUF WAHID SUKAJADI 31111

2015

KATA PENGANTAR
Alhamdulillah  Puji syukur kehadirat Allah Subhanahuwataa’ala, sudah selayaknya saya ungkapkan dengan tulus diiringi suka cita atas selesainya tesis ini. Selawat dan salam atas junjungan nabi besar Muhammad Salallahua’laihi wassalam yang diutus Allah untuk menyempurnakan akhlak manusia. Karya Inovasi pembelajaran Matematika  yang berjudul  “ MATRIKS “ ditulis dalam rangka memenuhi usulan penetapan angka kredit jabatan guru dari golongan III.d menjadi golongan IV.A Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu  Pendidik dan Tenaga Kependidikan  tahun 2015.
Ucapan terima kasih yang  tak terhingga, saya sampaikan kepada:
1.   Bapak Karwono,S.Pd.,M.Pd selaku  Kepala SMA Negeri 3 Prabumulih yang telah banyak memberikan bimbingan, arahan dan masukan sehingga saya dapat menyelesaikan Karya Inovasi  berupa alat peraga ini.
2. Rekan Guru SMAN 3 Prabumulih, teman sejawat sesama Guru Matematika SMA Negeri 3 Prabumulih yang telah membantu dalam pembuatan alat praga  ini.
3. Pengurus dan anggota  MGMP  guru  Matematika SMA Kota Prabumulih atas partisipasi dan bantuannya.
4.  Para Staf, Karyawan/wati perpustakaan dan tata usaha SMA Negeri 3 Prabumulih yang telah membantu kelancaran administrasi dan penelusuran kajian pustaka selama penulis membuat alat praga ini .
Saya tidak dapat membalas budi baik Bapak/Ibu, Saudara-Saudara yang telah membantu penyelesaian  pembuatan alat praga  ini, semoga  ALLAH Tuhan Yang Maha Esa dapat membalas budi baik Bapak/Ibu, Saudara.  Alat praga  ini jauh dari sempurna. Untuk itu saya berharap adanya kritik dan saran demi kesempurnaan alat prag ini. Semoga  alat praga ini bermanfaat bagi  kita semua.    .                                                                                                            
            
           Prabumulih,    Mei  2015  
                                                                     
                                                                        Penulis


Biodata Pembuat Karya Inovasi
1
Nama
Siti Fatimah,M.Pd.
2
Jenis Kelamin
Perempuan
3
NIP
19770307 200312 200 6
4
Pangkat/Golongan
Penata Tk I / III d
5
Pekerjaan
Guru Mata Pelajaran
6
Instansi
SMA Negeri 3 Prabumulih
7
Pendidikan
S2 Pendidikan Matematika
8
Alamat  Sekolah
Jl. M. Yusuf Wahid Sukajadi
9
Alamat Rumah
Jl. Krakatau No 11 Rt 04 Rw 03 Gn. Ibul
10
Judul Karya Inovasi
Poster Pembelajaran Materi Matriks
10
Pengalaman Karya Inovasi  lainnya
-
                                                                  Prabumulih,   Mei  2015                                    Yang membuat Biodata


  SitiFatimah,M,Pd.                              
  NIP 19770307 200312 2006







HALAMAN PENGESAHAN


KARYA INOVASI
ALAT PERAGA PEMBELAJARAN  MATEMATIKA
 SEKOLAH  MENENGAH  ATAS



Oleh
Nama: Siti Fatimah , M.Pd.
NIP. 19770307 200312 2006




MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
Judul: Aplikasi Matriks Dalam Kehidupan



Karya inovasi dibuat  mulai tgl: 9 Mei 2015
Diselesaikan pada tgl. : 10 Mei 2015





                                                 Prabumulih,    Mei  2015                        
  

 Pembimbing                                            Kepala SMA Negeri 3 Prabumulih  


                         

         Sophuan M.Pd.                                       Karwono,S.Pd.,M.Pd
         Pembina TK. I / IV B                               Nip 19661110 198903 1


SURAT  PERNYATAAN



         Yang bertanda tangan di bawah ini saya :
Nama                 :  Siti Fatimah M,Pd.
Pekerjaan          :  Guru Matematika   
Unit Kerja          :  SMA Negeri 3 Prabumulih
Alamat               : Jl. Krakatau No 11 Rt 04 Rw 03 Gn Ibul Prabumulih       
                           Timur
Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa karya Inovasi berupa alat peraga pembelajaran Matematika  SMA  berjudul  Aplikasi Matriks Dalam Kehidupan.
Benar buatan saya dengan cara Mencari Gambar Aplikasi Matriks  dalam Kehidupan untuk memahami tentang ordo matriks.
Apabila dikemudian hari terbukti karya Inovasi  ini tidak asli saya bersedia menerima sangsi sesuai dengan aturan yang berlaku.          
Prabumulih,   Mei 2015
                                                                              Saya yang  menyatakan
                                                                                                   
                                 


                                                                     Siti Fatimah, M.Pd
                                                                     Nip 19770307 200312 2006






SURAT  PERNYATAAN KEPALA SEKOLAH
Nomor…………………………………………….

    Yang bertanda tangan dibawah ini menyatakan :
Nama                  : Siti Fatimah,M.Pd.
Pekerjaan           : Guru Matematika .
Unit Kerja           : SMA Negeri 3 Prabumulih
Alamat               : Jl. Krakatau No 11 Rt 04 Rw 03 Gn. Ibul Prabumulih     
                           Timur

     Telah membuat  karya  Inovasi  berupa  Alat  praga  pembelajaran Matematika SMA dengan Judul Aplikasi Matriks Dalam Kehidupan.
Karya Inovasi  tersebut memang benar buatan yang bersangkutan sendiri dan telah Pakai pada Kegiatan  Belajar mengajar  pada  tanggal 12 Mei di SMA Negeri 3 Prabumulih. 
    Demikianlah surat pernyaataan ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat  dipergunakan sebagaimana mestinya.



                                               Prabumulih,     Mei 2015
                                               Kepala SMA Negeri 3 Prabumulih



                                              Siti Fatimah,M.Pd                                                             
                                              NIP. 19770307 200312 2006




BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan mengembangkan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika dalam dokumen ini disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut di atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain. Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan mengembangkan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika dalam dokumen ini disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut di atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain. Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya. Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga, atau media lainnya. Selain itu, perlu ada pembahasan mengenai bagaimana matematika banyak diterapkan dalam teknologi informasi sebagai perluasan pengetahuan peserta didik.
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·         Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
  • Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
  • Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
  • Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
  • Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan SMA/MA meliputi aspek-aspek Logika, Aljabar, Geometri, Trigonometri, Kalkulus, Statistika dan Peluang. Salah satu  Standar Kompetensi Matematika kelas XII semester 1  untuk materi Pokok  Aljabar Merancang dan menggunakan model Matematika yang berkaitan dengan matriks dalam pemecahan masalah. Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menentukan invers matriks persegi beserta pembuktian rumusnya, seharusnya diajarkan dengan menggunakan pendekatan contextual problem  dimana guru yang mengajar mengajukan berbagai  masalah kontekstual disertai bimbingan pada  peserta didik secara bertahap  untuk menguasai berbagai  konsep matematika didalam mengajar hendaknya guru juga menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga, atau media lainnya agar tercipta pembelajaran yang  aktif, kreatif evektif dan menyenangkan sehingga  Konsep Matriks dapat dipahami oleh siswa.
Namun pada kenyataannya  selama ini Standar Kompetensi  Menggunakan sifat dan aturan yang berkaitan dengan matriks dalam pemecahan masalah, serta menjelaskan ciri suatu matriks, menuliskan informasi dalam bentuk matriks, melakukan operasi aljabar atas dua matriks pada pembelajaran Matematika di SMA diajarkan dengan cara konvensional  menggunakan metode tanya jawab dan diskusi diikuti dengan Latihan soal  tanpa disertai dengan media berupa alat praga seperti yang diamanatkan Standar isi dengan demikian pembelajaran yang berlangsung kurang efektif dan membosankan dan siswa kurang memahami apa dan bagaimana konsep Matriks demikian konsep tentang  Matriks menjadi tidak jelas dan sulit dipahami siswa sehingga pembelajaran menjadi pasif dan membosankan  siswa hanya melakukan duduk diam dengar catat dan Membuat materi matriks tanpa memahami konsep yang sebenarnya .
      Untuk mengatasi semua itu dan  agar materi yang diajarkan sesuai Konsep serta  pakta yang sebenarnya dan untuk menciptakan  pembelajaran menjadi lebih menyenangkan ,aktif , dan kreatif serta  untuk memperjelas konsep  dan memberi pengalaman langsung dalm  mengembangkan pengetahuannya  penulis mencoba membuat Karya Inovasi Alat Praga Matematika  SMA kelas XII  pada materi ajar Matriks, media gambar tersebut dibuat penulis dengan cara Mencari gambar kegiatan sehari-hari yang berkaiatan dengan materi matriks. Menyebutkan kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan matriks, Sehingga konsep ciri matriks , menuliskan informasi dalam bentuk matriks dapat lebih mudah dipahami.



 B Tujuan Pembuatan Karya Inovasi
Karya Inovasi Matematika SMA kelas XII semester 1, Standar kompetensi Menggunakan sifat dan aturan yang berkaitan dengan matriks dalam pemecahan masalah. Menjelaskan ciri suatu matriks, menuliskan informasi dalam bentuk matriks, melakukan operasi aljabar atas dua matriks  dan Kompetensi dasar Membuat Alat praga matriks penulis bertujuan Untuk:
 1.  Menperjelas Konsep tentang ciri suatu matriks  
 2.  Menuliskan informasi dalam bentuk matriks  
3.  Menciptakan pembelajaran yang aktif inovatif evektif dan 
     menyenangkan

C.  Manfaat pembuatan karya inovasi
Karya inovasi pembelajaran  Matematika  dengan materi Matriks ini diharapkan  bermanfaat bagi:
1.   Bagi siswa untuk menperjelas konsep, tentang ciri matriks matriks, ordo matriks dengan demikian Konsep Matriks lebih dipahami oleh siswa sehingga Aktivitas dan Daya serap belajar siswa semakin meningkat.
2.    Guru, untuk  menambah wawasan  dan pengetahuan guru dalam memahami dan menerapkan proses pembelajaran Matematika di SMA agar pembelajaran lebih Efektif,  Aktif,  Kreatf dan Menyenangkan sehingga aktivitas dan daya serap   belajar siswa semakin meningkat.
3.       Kepala sekolah, untuk memberikan sumbangan yang bermanfaat dan berguna  dalam rangka memperbaiki proses proses pembelajaran Matematika di sekolah dalam rangka menciptakan pembelajaran PAIKEM (Aktif,Inovatif,Kreatip,Efektif dan menyenangkan) dan selanjutnya  dapat lebih meningkatkan kemampuan guru dalam memperbaiki proses pembelajaran Matematika  menggunakan media berupa alat praga.
BAB II
RANCANGAN/ DISAIN / PROSEDUR/ CARA PEMBUATAN ALAT PRAGA


 A.  Alat dan  Bahan yang digunakan dalam pembuatan Alat Praga
      1.  Modem Vodafone
      2.  Laptop / Komputer Acer
      3.  Printer Canon MP1400
      4.  Karton ukuran A 4  4 Lembar
      5.  Lem Glukol
      6.  Gunting

B. Prosedur Cara Pembuatan
 1. Modem dihubungkan dengan Laptop / Komputer untuk membuka Internet
 2. Setelah terkonek dengan Internet pada situs : web.gambar pilih gambar Aplikasi Matriks dalam Kehidupan  disimpan dalam bentuk Word di laptop.
3.  Gambar Aplikasi Matriks dalam Kehidupan yang ada dilaptop di edit dan diberi keterangan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan.
4.  Gambar Aplikasi Matriks dalam Kehidupan  yang sudah diedit dan diberi keterangan di prin out menggunakan printer Canon type 1400 dengan pembesaran 400 %
5.  Gambar Aplikasi Matriks dalam Kehidupan yang sudah di prin out terpotong menjadi 4 bagian sesuai ukuran kertas A4
 6. Disetiap potongan gambar  hasil prin aut  pada bagian tepinya terdapat tulisan cut dan paste  pada bagian yang bertulisan cut dipotong dengan gunting dan bagian yang bertuliskan paste diberi lem glukol.
7. Keempat potongan gambar Aplikasi Matriks dalam Kehidupan tersebut disambungkan satu sama lain hingga diperoleh media berupa alat praga bentuk Gambar Aplikasi Matriks dalam Kehidupan secara utuh dengan ukuran Poster



 BAB III
Penggunaan Alat Praga
                                                                   

A.    Standar Kompetensi
       Merancang dan menggunakan sifat dan aturan yang berkaitan dengan matriks dalam pemecahan masalah

    B.   Kompetensi dasar
    Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menjelaskan ciri suatu matriks, menuliskan informasi dalam bentuk matriks, menentukan invers matriks

      C.  Materi Ajar

1.           Pengertian Matriks

Perhatikan gambar siswa yang sedang mengikuti Ujian Nasional dan Denah Tempat Duduk Peserta Ujian Nasional, Jika kita amati bahwa susunan tempat duduk peserta Ujian Nasional dan Denah Tempat Duduk terdiri dari barisan dan kolom.

 
2.     Apkasi Matriks Dalam Kehidupan

Dari Gambar Denah Tempat Duduk Siswa terlihat bahwa yang berjajar dari kiri ke kanan sebanyak 5 baris dan yang berjajar dari depan ke belakang  sebanyak 4, selanjutknya dalam materi matriks maka denah tempat duduk ujian tersebut terdiri dari 5 baris 4 kolom.


  D.  Penggunaan Alat Praga Dalam Pembelajaran

Dalam pembelajaran
  1. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok  masing masing kelompok  beranggotakan 5 orang
  2. Setiap  kelompok diberi tugas untuk berdiskusi tentang benda atau kegiatan disekitar kita yang memiliki keteraturan dan berhubungan dengan matriks.  
  3. Siswa diminta mengamati hasil aplikasi matriks dalam kehidupan
  4. Siswa secara kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusinya dan mencari informasi tentang baris dan kolom dari kegiatan disekitar yang berhubungan dengan matriks. Matriks yang dihasilkan berbeda beda ukuran baris dan kolomnya.
  5. Siswa /kelompok lain menanggapi laporan hasil kerja kelompok
  6. Guru menempelkan gambar /alat praga berupa Aplikasi Matriks Dalam Kehidupan dipapan tulis
7.    Dari poster / gambar /alat praga Aplikasi Matriks Dalam Kehidupan Guru  menerangkan dan  menyimpulkan bahwa Matriks memiliki baris dan kolom .Ukuran Matriks ada persegi dan ada persegi panjang.
8.    Dari poster / gambar / alat praga Aplikasi Matriks dalam Kehidupan bahwa Ukuran Matriks atau ordo matriks berbeda-beda, dan jenis matriks juga dapat dibedakan menjadi 7 macam yaitu Matriks Baris, Matriks Kolom, Matriks Persegi, Matriks Segitiga, Matriks diagonal, Matriks identitas dan Matriks Nol.



BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.  Kesimpulan

                    Dari uraian penggunaan Alat Praga Dalam Pembelajaran diatas dapat disimpulkan bahwa Media berbentuk Benda asli / poster / alat praga Jaring Jaring Balok cukup   efektip untuk menerangkan dan untuk membuat kesimpulan bahwa  Matriks terdiri dari baris dan kolom, dimana baris berjajar dari kiri ke kanan dan kolom berjajar dari depan ke belakang, baris dan kolom disebut ukuran matriks atau ordo matriks.   

B.Saran

Berdasarkan uraian penggunaan Alat Praga Dalam Pembelajaran diatas dapat disimpulkan bahwa Media / alat praga berbentuk  Gambar Aplikasi Matrisk dalam Kehidupan dikemukakan saran-saran sebagai berikut

1.     Alat Praga Dalam Pembelajaran di atas dapat disimpulkan bahwa Media / alat praga berbentuk  benda asli berupa Gambar Aplikasi Matriks dalam Kehidupan cukup efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar Matematika siswa SMA Negeri 3 Prabumulih.  berdasarkan hal itu, disarankan kepada para guru untuk menggunakan alat praga  berupa benda asli   poster / gambar dalam pembelajaran Matematika di SMA.

2.     Pengunaan Alat praga dalam pembelajaran  selalu dipengaruhi oleh perbedaan individu. Para guru disarankan untuk memperhatikan perbedaan individu dalam penerapan Pengunaan Alat praga

3.     Agar penggunaan Alat praga bentuk benda asli / poster / Gambar dalam penggunaannya lebih efektip  dan mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan hendaknya dalam pernggunaannya guru dapat mengkaitkannya dengan berbagai model pembelajaran dan berbagai metode sehingga tercipta pembelajaran yang Aktif kreatip inovatif efektif dan menyenangkan






Datar Pustaka

Depdiknas, 2000. Pedoman Pembuatan Alat Pelajaran Praga atau  . Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas, 2006. Standar Isi Matematika  SMA  . Jakarta : Depdiknas.

Rinie ,Partiwi, 2008.  Contextual teaching and Learning .Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Van de Walle, John. Matematika Pengembangan Pengajaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga






Daftar  Lampiran

1.     Silabus dengan Kompetensi Dasar Merancang dan menggunakan sifat dan aturan yang berkaitan dengan matriks dalam pemecahan masal
2.    RPP Kompetensi Dasar Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menjelaskan ciri suatu matriks, menuliskan informasi dalam bentuk matriks, menentukan invers matriks .
3.    Foto Alat dan bahan sebelum Alat peraga Aplikasi Matriks dalam Kehidupan dibuat
4.    Foto Pembuatan alat Praga Aplikasi Matriks dalam Kehidupan  tahap demi tahap
5.    Foto Ketika Alat peraga Aplikasi Matriks dalam Kehidupan Dipakai mengajar
6.    Print Out Alat Praga Aplikasi Matriks dalam Kehidupan Ukuran A4
7.    Print Out Alat Praga Aplikasi Matriks dalam Kehidupan Ukuran Poster























Tidak ada komentar:

Posting Komentar