KARYA INOVASI
ALAT PERAGA PEMBELAJARAN
MATEMATIKA
SEKOLAH MENENGAH ATAS
Alat Praga
MATRIKS
Oleh:
Siti Fatimah , M.Pd
PEMERINTAH KOTA
PRABUMULIH
DINAS PENDIDIKAN
KOTA PRABUMULIH
SMA NEGERI 3 PRABUMULIH
JL. M. YUSUF WAHID SUKAJADI 31111
2015
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
Puji syukur kehadirat Allah
Subhanahuwataa’ala, sudah selayaknya saya ungkapkan dengan tulus diiringi suka
cita atas selesainya tesis ini. Selawat dan salam atas junjungan nabi besar
Muhammad Salallahua’laihi wassalam yang diutus Allah untuk menyempurnakan akhlak
manusia. Karya Inovasi pembelajaran Matematika yang berjudul “ MATRIKS “ ditulis dalam rangka memenuhi
usulan penetapan angka kredit jabatan guru dari golongan III.d
menjadi golongan IV.A Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal
Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga
Kependidikan tahun 2015.
Ucapan
terima kasih yang tak terhingga, saya
sampaikan kepada:
1. Bapak Karwono,S.Pd.,M.Pd
selaku Kepala SMA Negeri 3
Prabumulih yang telah banyak memberikan bimbingan, arahan dan
masukan sehingga saya dapat menyelesaikan Karya Inovasi berupa alat peraga ini.
2. Rekan Guru SMAN 3 Prabumulih, teman sejawat
sesama Guru Matematika SMA
Negeri 3 Prabumulih yang telah membantu dalam pembuatan
alat praga ini.
3. Pengurus dan anggota MGMP
guru Matematika SMA Kota Prabumulih atas partisipasi
dan bantuannya.
4. Para
Staf, Karyawan/wati perpustakaan dan tata usaha SMA Negeri 3
Prabumulih yang telah membantu kelancaran administrasi dan penelusuran
kajian pustaka selama penulis membuat alat praga ini .
Saya tidak dapat membalas budi baik Bapak/Ibu,
Saudara-Saudara yang telah membantu penyelesaian pembuatan alat
praga ini, semoga ALLAH Tuhan Yang Maha Esa
dapat membalas budi baik Bapak/Ibu, Saudara. Alat praga ini jauh dari sempurna. Untuk itu saya berharap adanya
kritik dan saran demi kesempurnaan alat prag ini. Semoga alat praga ini bermanfaat
bagi kita semua. .
Prabumulih, Mei 2015
Penulis
Biodata Pembuat Karya Inovasi
1
|
Nama
|
Siti
Fatimah,M.Pd.
|
2
|
Jenis
Kelamin
|
Perempuan
|
3
|
NIP
|
19770307
200312 200 6
|
4
|
Pangkat/Golongan
|
Penata
Tk I / III d
|
5
|
Pekerjaan
|
Guru
Mata Pelajaran
|
6
|
Instansi
|
SMA
Negeri 3 Prabumulih
|
7
|
Pendidikan
|
S2
Pendidikan Matematika
|
8
|
Alamat Sekolah
|
Jl. M. Yusuf Wahid Sukajadi
|
9
|
Alamat
Rumah
|
Jl. Krakatau No 11 Rt 04 Rw
03 Gn. Ibul
|
10
|
Judul Karya Inovasi
|
Poster Pembelajaran Materi Matriks
|
10
|
Pengalaman Karya Inovasi lainnya
|
-
|
Prabumulih, Mei 2015 Yang membuat Biodata
SitiFatimah,M,Pd.
NIP 19770307 200312 2006
HALAMAN PENGESAHAN
KARYA INOVASI
ALAT PERAGA PEMBELAJARAN
MATEMATIKA
SEKOLAH MENENGAH ATAS
Oleh
Nama: Siti Fatimah , M.Pd.
NIP. 19770307 200312 2006
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
Judul: Aplikasi Matriks Dalam Kehidupan
Karya inovasi
dibuat mulai tgl: 9 Mei 2015
Diselesaikan pada
tgl. : 10 Mei 2015
Prabumulih, Mei 2015
Pembimbing
Kepala SMA Negeri 3 Prabumulih
Sophuan M.Pd. Karwono,S.Pd.,M.Pd
Pembina TK. I / IV B Nip 19661110 198903 1
Yang bertanda tangan di bawah
ini saya :
Nama : Siti
Fatimah M,Pd.
Pekerjaan : Guru Matematika
Unit Kerja : SMA
Negeri 3 Prabumulih
Alamat : Jl.
Krakatau No 11 Rt 04 Rw 03 Gn Ibul Prabumulih
Timur
Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa karya Inovasi berupa alat peraga
pembelajaran Matematika SMA berjudul
Aplikasi Matriks Dalam Kehidupan.
Benar buatan saya dengan cara Mencari
Gambar Aplikasi Matriks dalam Kehidupan untuk
memahami tentang ordo matriks.
Apabila dikemudian hari terbukti karya Inovasi ini tidak
asli saya bersedia menerima sangsi sesuai dengan aturan yang berlaku.
Prabumulih, Mei 2015
Saya yang menyatakan
Siti
Fatimah, M.Pd
Nip 19770307 200312 2006
Nama : Siti
Fatimah,M.Pd.
Pekerjaan : Guru
Matematika .
Unit Kerja
: SMA Negeri 3 Prabumulih
Alamat
: Jl. Krakatau No 11 Rt 04 Rw 03
Gn. Ibul Prabumulih
Timur
Telah
membuat karya Inovasi berupa Alat praga
pembelajaran
Matematika SMA dengan Judul Aplikasi Matriks
Dalam Kehidupan.
Karya Inovasi tersebut memang benar buatan yang bersangkutan sendiri dan telah Pakai pada
Kegiatan Belajar mengajar pada
tanggal 12 Mei
di SMA Negeri 3 Prabumulih.
Demikianlah surat pernyaataan ini dibuat
dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan
sebagaimana mestinya.
Prabumulih, Mei 2015
Kepala SMA Negeri 3 Prabumulih
Siti Fatimah,M.Pd
NIP. 19770307 200312 2006
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari
perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin
dan mengembangkan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi
informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di
bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit.
Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan
matematika yang kuat sejak dini. Mata pelajaran Matematika perlu diberikan
kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta
didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan
kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar
peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan
informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti,
dan kompetitif.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika
dalam dokumen ini disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan
kemampuan tersebut di atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan
kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan
ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain. Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran
matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah
terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan Matematika merupakan
ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran
penting dalam berbagai disiplin dan mengembangkan daya pikir manusia.
Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini
dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar,
analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta
teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari
sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis,
analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama.
Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan
memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada
keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika
dalam dokumen ini disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan
kemampuan tersebut di atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan
kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan
ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain. Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran
matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah
terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara
penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu
dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model matematika,
menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya. Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan
pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual
problem). Dengan mengajukan masalah
kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep
matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah diharapkan
menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga,
atau media lainnya. Selain itu, perlu ada pembahasan mengenai bagaimana
matematika banyak diterapkan dalam teknologi informasi sebagai perluasan
pengetahuan peserta didik.
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·
Memahami konsep
matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau
algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
- Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
- Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
- Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
- Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan
SMA/MA meliputi aspek-aspek Logika, Aljabar, Geometri, Trigonometri, Kalkulus, Statistika dan Peluang. Salah satu Standar Kompetensi Matematika kelas XII
semester 1 untuk materi Pokok Aljabar
Merancang dan menggunakan model Matematika yang berkaitan dengan matriks dalam
pemecahan masalah. Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menentukan
invers matriks persegi beserta pembuktian rumusnya, seharusnya diajarkan
dengan menggunakan pendekatan contextual problem dimana guru yang mengajar mengajukan
berbagai masalah kontekstual disertai
bimbingan pada peserta didik secara
bertahap untuk menguasai berbagai konsep matematika didalam mengajar hendaknya
guru juga menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer, alat
peraga, atau media lainnya agar tercipta pembelajaran yang aktif, kreatif evektif dan menyenangkan sehingga Konsep Matriks dapat dipahami oleh siswa.
Namun pada kenyataannya
selama ini Standar
Kompetensi Menggunakan sifat dan
aturan yang berkaitan dengan matriks dalam pemecahan masalah, serta menjelaskan
ciri suatu matriks, menuliskan informasi dalam bentuk matriks, melakukan
operasi aljabar atas dua matriks pada
pembelajaran Matematika di
SMA diajarkan dengan cara konvensional menggunakan metode tanya jawab dan diskusi diikuti dengan
Latihan soal tanpa disertai dengan media berupa alat praga seperti yang
diamanatkan Standar isi dengan demikian pembelajaran yang berlangsung kurang
efektif dan membosankan dan siswa kurang memahami apa dan bagaimana konsep Matriks
demikian konsep tentang Matriks menjadi
tidak jelas dan sulit dipahami siswa sehingga pembelajaran menjadi pasif dan membosankan siswa
hanya melakukan duduk diam dengar catat dan Membuat materi matriks
tanpa memahami konsep yang sebenarnya .
Untuk
mengatasi semua itu dan agar materi yang
diajarkan sesuai Konsep serta pakta yang
sebenarnya dan untuk menciptakan pembelajaran
menjadi lebih menyenangkan ,aktif , dan kreatif serta untuk
memperjelas konsep dan memberi pengalaman langsung dalm mengembangkan pengetahuannya penulis mencoba membuat Karya Inovasi Alat Praga Matematika SMA kelas XII pada materi ajar Matriks, media gambar tersebut dibuat penulis dengan cara Mencari gambar kegiatan sehari-hari yang
berkaiatan dengan materi matriks. Menyebutkan kegiatan sehari-hari yang
berkaitan dengan matriks, Sehingga konsep ciri matriks , menuliskan informasi
dalam bentuk matriks dapat lebih mudah dipahami.
B Tujuan
Pembuatan Karya Inovasi
Karya Inovasi Matematika SMA kelas XII semester 1, Standar kompetensi Menggunakan sifat
dan aturan yang berkaitan dengan matriks dalam pemecahan masalah. Menjelaskan
ciri suatu matriks, menuliskan informasi dalam bentuk matriks, melakukan
operasi aljabar atas dua matriks dan
Kompetensi dasar Membuat Alat
praga matriks penulis
bertujuan Untuk:
1. Menperjelas
Konsep tentang ciri suatu matriks
2. Menuliskan
informasi dalam bentuk matriks
3. Menciptakan
pembelajaran yang aktif inovatif evektif dan
menyenangkan
C. Manfaat pembuatan karya
inovasi
Karya inovasi pembelajaran Matematika dengan materi Matriks
ini diharapkan bermanfaat bagi:
1. Bagi siswa untuk menperjelas konsep, tentang ciri
matriks matriks, ordo matriks dengan
demikian Konsep Matriks lebih
dipahami oleh siswa sehingga Aktivitas dan Daya serap belajar siswa semakin
meningkat.
2.
Guru, untuk
menambah wawasan dan pengetahuan
guru dalam memahami dan menerapkan proses pembelajaran Matematika di SMA agar pembelajaran lebih Efektif, Aktif, Kreatf dan Menyenangkan
sehingga aktivitas dan daya serap
belajar siswa semakin meningkat.
3.
Kepala
sekolah, untuk memberikan sumbangan yang bermanfaat dan berguna dalam rangka memperbaiki proses proses
pembelajaran Matematika di sekolah dalam rangka menciptakan pembelajaran PAIKEM (Aktif,Inovatif,Kreatip,Efektif dan
menyenangkan) dan selanjutnya dapat
lebih meningkatkan kemampuan guru dalam memperbaiki proses pembelajaran Matematika menggunakan media berupa alat praga.
BAB II
RANCANGAN/ DISAIN / PROSEDUR/ CARA PEMBUATAN ALAT PRAGA
A.
Alat dan Bahan yang digunakan
dalam pembuatan Alat Praga
1. Modem Vodafone
2. Laptop / Komputer Acer
3. Printer Canon MP1400
4. Karton ukuran A 4
4 Lembar
5. Lem Glukol
6. Gunting
B. Prosedur Cara Pembuatan
1. Modem dihubungkan dengan Laptop / Komputer untuk membuka Internet
2. Setelah terkonek dengan Internet pada situs : web.gambar pilih gambar Aplikasi
Matriks dalam Kehidupan disimpan dalam
bentuk Word di laptop.
3. Gambar Aplikasi Matriks dalam Kehidupan yang ada
dilaptop di edit dan diberi keterangan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang
diinginkan.
4. Gambar Aplikasi Matriks dalam Kehidupan yang sudah diedit dan
diberi keterangan di prin out menggunakan printer Canon
type 1400 dengan pembesaran 400 %
5. Gambar Aplikasi Matriks dalam Kehidupan yang sudah
di prin out terpotong menjadi 4 bagian
sesuai ukuran kertas A4
6. Disetiap potongan gambar hasil prin aut pada bagian tepinya terdapat tulisan cut dan
paste pada bagian yang bertulisan cut
dipotong dengan gunting dan bagian yang bertuliskan paste diberi lem glukol.
7. Keempat
potongan gambar Aplikasi Matriks dalam
Kehidupan tersebut disambungkan satu sama lain hingga diperoleh media berupa alat
praga bentuk Gambar Aplikasi Matriks dalam
Kehidupan secara utuh dengan ukuran Poster
BAB III
Penggunaan Alat
Praga
A.
Standar Kompetensi
Merancang dan menggunakan sifat dan aturan
yang berkaitan dengan matriks dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi dasar
Menggunakan sifat-sifat
dan operasi matriks untuk menjelaskan ciri suatu matriks, menuliskan informasi
dalam bentuk matriks, menentukan invers matriks
C. Materi Ajar
1.
Pengertian Matriks
Perhatikan gambar siswa yang
sedang mengikuti Ujian Nasional dan Denah Tempat Duduk Peserta Ujian Nasional,
Jika kita amati bahwa susunan tempat duduk peserta Ujian Nasional dan Denah
Tempat Duduk terdiri dari barisan dan kolom.
2.
Apkasi Matriks
Dalam Kehidupan
Dari Gambar Denah
Tempat Duduk Siswa terlihat bahwa yang berjajar dari kiri ke kanan sebanyak 5
baris dan yang berjajar dari depan ke belakang
sebanyak 4, selanjutknya dalam materi matriks maka denah tempat duduk
ujian tersebut terdiri dari 5 baris 4 kolom.
D. Penggunaan Alat Praga Dalam
Pembelajaran
Dalam
pembelajaran
- Siswa dibagi menjadi 6 kelompok masing masing kelompok beranggotakan 5 orang
- Setiap kelompok diberi tugas untuk berdiskusi tentang benda atau kegiatan disekitar kita yang memiliki keteraturan dan berhubungan dengan matriks.
- Siswa diminta mengamati hasil aplikasi matriks dalam kehidupan
- Siswa secara kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusinya dan mencari informasi tentang baris dan kolom dari kegiatan disekitar yang berhubungan dengan matriks. Matriks yang dihasilkan berbeda beda ukuran baris dan kolomnya.
- Siswa /kelompok lain menanggapi laporan hasil kerja kelompok
- Guru menempelkan gambar /alat praga berupa Aplikasi Matriks Dalam Kehidupan dipapan tulis
7.
Dari poster / gambar /alat praga Aplikasi Matriks Dalam Kehidupan Guru menerangkan dan menyimpulkan bahwa Matriks memiliki baris dan kolom .Ukuran Matriks ada
persegi dan ada persegi panjang.
8.
Dari poster / gambar / alat praga Aplikasi
Matriks dalam Kehidupan bahwa Ukuran Matriks atau ordo matriks berbeda-beda,
dan jenis matriks juga dapat dibedakan menjadi 7 macam yaitu Matriks Baris,
Matriks Kolom, Matriks Persegi, Matriks Segitiga, Matriks diagonal, Matriks
identitas dan Matriks Nol.
BAB IV
KESIMPULAN DAN
SARAN
A. Kesimpulan
Dari uraian
penggunaan Alat Praga Dalam Pembelajaran diatas dapat disimpulkan bahwa Media
berbentuk Benda asli / poster /
alat praga Jaring Jaring Balok cukup efektip untuk menerangkan dan untuk membuat
kesimpulan bahwa Matriks terdiri dari baris dan
kolom, dimana baris berjajar dari kiri ke kanan dan kolom berjajar dari depan
ke belakang, baris dan kolom disebut ukuran matriks atau ordo matriks.
B.Saran
Berdasarkan uraian penggunaan Alat Praga Dalam Pembelajaran diatas dapat disimpulkan bahwa Media / alat praga berbentuk Gambar Aplikasi Matrisk dalam Kehidupan dikemukakan saran-saran sebagai berikut
1. Alat Praga Dalam Pembelajaran di atas dapat disimpulkan bahwa Media / alat praga berbentuk benda asli berupa Gambar Aplikasi Matriks dalam Kehidupan cukup efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar Matematika siswa SMA Negeri 3 Prabumulih. berdasarkan hal itu, disarankan kepada para guru untuk menggunakan alat praga berupa benda asli poster / gambar dalam pembelajaran Matematika di SMA.
2. Pengunaan Alat praga dalam pembelajaran selalu dipengaruhi oleh perbedaan individu. Para guru disarankan untuk memperhatikan perbedaan individu dalam penerapan Pengunaan Alat praga
3. Agar penggunaan Alat praga bentuk benda asli / poster / Gambar dalam penggunaannya lebih efektip dan mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan hendaknya dalam pernggunaannya guru dapat mengkaitkannya dengan berbagai model pembelajaran dan berbagai metode sehingga tercipta pembelajaran yang Aktif kreatip inovatif efektif dan menyenangkan
Datar Pustaka
Depdiknas, 2000. Pedoman Pembuatan Alat Pelajaran
Praga atau . Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas, 2006. Standar Isi Matematika
SMA
. Jakarta : Depdiknas.
Rinie ,Partiwi,
2008. Contextual teaching and Learning .Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional
Van de Walle,
John. Matematika Pengembangan Pengajaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Daftar Lampiran
1.
Silabus dengan
Kompetensi Dasar Merancang dan menggunakan sifat dan aturan yang berkaitan
dengan matriks dalam pemecahan masal
2.
RPP Kompetensi Dasar Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menjelaskan ciri suatu
matriks, menuliskan informasi dalam bentuk matriks, menentukan invers matriks .
3.
Foto Alat dan bahan sebelum Alat peraga Aplikasi
Matriks dalam Kehidupan dibuat
4.
Foto Pembuatan alat Praga Aplikasi Matriks
dalam Kehidupan tahap demi tahap
5.
Foto Ketika Alat peraga Aplikasi Matriks
dalam Kehidupan Dipakai mengajar
6.
Print Out Alat Praga Aplikasi Matriks dalam Kehidupan Ukuran A4
7.
Print Out Alat Praga Aplikasi Matriks dalam Kehidupan Ukuran
Poster
Tidak ada komentar:
Posting Komentar